Hi Sahabat SD, Kalian pasti sudah akrab dengan permainan bernama Origami. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan origami sebagai sebuah seni melipat kertas dari Jepang. Origami merupakan sebuah kegiatan yang bagus untuk dilakukan bersama anak. Berikut adalah empat manfaat origami untuk anak.
Mengasah Kreativitas Anak
Kegiatan melipat kertas menjadi berbagai bentuk dapat mengasah imajinasi dan kreativitas anak, hal ini karena anak yang bermain origami diminta untuk mengkreasikan kertas menjadi berbagai bentuk. Di luar betuk-bentuk umum seperti burung, pesawat dan perahu, anak juga dapat dibebaskan untuk mengembangkan origami yang dibuatnya sesuai dengan imajinasinya.
Meningkatkan Kemampuan motorik halus
Kegiatan melipat kertas dengan instruksi dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Otak anak akan mengolah instruksi dan kemudian terstimulasi untuk berkoordinasi dengan sensor motorik. Hal itu jika dilakukan secara berulang-ulang akan menjadikan anak terbiasa dengan gerakan tersebut, sehingga gerakan anak pun menjadi lebih halus.
Meningkatkan kemampuan spasial
Sebuah penelitian yang dimuat di The Journal of Educational Research, menyebut bahwa bermain origami juga mampu meningkatkan kemampuan spasial anak. Pengetahuan spasial adalah pengetahuan yang berkaitan dengan ruang atau tempat.
Meningkatkan Fokus
Bermain origami berbasis instruksi juga melatih anak agar semakin fokus dan lebih berkonsentrasi pada apa yang sedang ia lakukan. Hal tersebut dipicu karena anak perlu mendengarkan dan mengolah instruksi yang diberikan secara berurutan sebelum kemudian mengeksekusi. Selain itu, anak juga akan terbiasa fokus pada detail, karena apabila dalam melipat kertas ada yang kurang tepat maka hasilnya akan tidak sesuai.
Nah, itu dia manfaat yang didapat bila kita bermain origami dengan anak. Simak artikel-artikel lain giat SD ya!
Penulis: Sifa Lutfiyani Atiqoh
Editor : Amalia, Harmanto, Kurniawan, Hildha
Sumber : Wati, Setiawati. (2019). INCREASING CREATIVITY OF EARLY CHILDHOOD THROUGH ORIGAMI PLAYING ACTIVITIES. Empowerment. 8. 81. 10.22460/empowerment.v8i1p81-89.1163.
Sedanur Cakmak , Mine Isiksal & Yusuf Koc ykoc@gantep.edu.tr kocyusuf@gmail.com (2014)Investigating Effect of Origami-Based Instruction on Elementary Students’ Spatial Skills and Perceptions, The Journal of Educational Research,107:1, 59-68, DOI: 10.1080/00220671.2012.753861